Pages

Sunday, May 10, 2009

Kumbung Jamur

Oleh: Eman S Sudinta

Kumbung jamur adalah salah satu bagian penting dari budidaya jamur tiram. Kumbung jamur atau rumah jamur adalah tempat memelihara jamur dimana log-log media yang ditumbuhi miselia jamur tumbuh dan dipelihara. Kegiatan budi daya jamur kebanyakan berada di dalam kumbung jamur ini. Dan selama satu periode penanaman jamur kurang lebih 5-6 bulan media jamur berada dipelihara di dalam kumbung ini, untuk kemudian dibuang dan dibersihkan. Dan untuk periode pemeliharaan berikutnya diganti dengan log baru yang selanjutnya juga dipelihara.

Umumnya kumbung sederhana seperti inilah yang dibuat petani jamur di kecamatan Cisarua Bandung Barat yaitu dibuat dari bahan bambu. Memang hampir semua bahannya dari bambu, tiang, bilik, usuk, reng, apalagi rak di bagian dalam, hanya atapnya dari genting tanah yang harganya relatif murah yang disebut genting palentong, genting yang sama dengan genting untuk atap kandang sapi.

Saat ini biaya pembuatan kumbung seperti yang diceritakan di atas sekitar Rp 15 juta, kalau 8 tahun yang lalu ukuran 70 m2 masih bisa sekitar Rp 7 juta. Kumbung jamur model begini tahan sekitar 8 - 10 tahun. Setelah itu harus diperbaiki, terutama rak bagian dalam yang sering kena air sewaktu menyiram log media jamur.

Ini ada dua contoh kumbung jamur:




No comments: