Pages

Friday, April 01, 2011

Bertani Jamur Tiram, Bagi Pemula Beli saja Log Media

Oleh: Aki Eman

Log media jamur, tinggal pelihara
Bagi pemula dalam melakukan budidaya atau bertani jamur tiram kadang-kadang merasa rumit karena cukup banyak hal yang harus dipelajari dan dipersiapkan. Jika Anda sudah memiliki kumbung jamur atau rumah pemeliharaan jamur tiram, dan ingin segera menjadi petani jamur maka tidak ada salahnya membeli saja log media jamur yang sudah diberi bibit.

Log media jamur tiram yang sudah diberi bibit ada dua pilihan:
  1. Pilih log media jamur yang baru saja diberi bibit, harga per log di Cisarua Bandung berkisar Rp 1.600 – Rp 1.800.
  2. Atau pilih Log media yang sudah putih ditumbuhi mycelia jamur tiram harganya per log sekitar Rp 2.000 – Rp 2.200.
Yang pertama harus dibiarkan dulu sekitar satu bulan untuk menjadi putih, sedangkan yang kedua tinggal menunggu satu atau dua minggu, jamur tiram sudah mulai bisa dipanen dan bisa menjual jamur.
Memelihara langsung log media jamur yang sudah diberi bibit, memberi kesempatan kepada pemula untuk belajar membudidayakan jamur tiram. Memang iya keuntungannya tidak seperti membuat media sendiri dan memberi bibit sendiri, tapi itu nanti setelah cukup pengetahuan dan seluk-beluk dan untung rugi mengelola usaha jamur tiram.

Dengan cara sementara membeli log media yang sudah diberi bibit disamping kesempatan banyak untuk belajar pelan-pelan, usaha kita pun sudah bisa menghasilkan uang.

No comments: